Wednesday, October 8, 2014

Silat

Silat merupakan seni bela diri dari Indonesia, silat juga menjadi bagian dari perjuangan menghadapi penjajah asing.     

"Bangsa yang Besar adalah Bangsa yang Menghormati Jasa Pahlawannya." Ir. Soekarno pernah berkata dalam pidatonya pada peringatan hari pahlawan 10 November 1961.

Berbicara mengenai perjuangan para pahlawan, tentunya tidak lepas dari pribadi yang berani dan serta memiliki keteguhan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Sangat menarik untuk dilirik, karena dalam silat itu sendiri terdapat aspek lainnya yang tidak melulu hanya mengenai olah raga dan bela diri. 

Diantaranya ada aspek Mental Spiritual yang membangun dan mengembangkan kepribadian dan karakter mulia seseorang. Menjadi pribadi yang sportif, berjiwa Ksatria dan berbudi luhur.

Aspek Seni Budaya, bisa kita lihat sendiri dalam film The Raid yang dibintangi oleh @iko_uwais dari sisi koreografi silat itu sendiri bisa dikemas seperti tarian. Bahkan, dalam budaya beberapa suku bangsa di Indonesia, pencak silat merupakan bagian tak terpisahkan dalam upacara adatnya. misal, tari Randai dan Palang Pintu.

Kita tahu Kungfu dari China, Muay Thai dari Thailand, Capoeira dari Brazil, maka Indonesia punya Silat yang bisa kita banggakan dari segi Olah Raga, Bela Diri, Seni dan Budaya, serta Pembentukan mental secara spiritual serta fisik.

Jadi, tunggu apalagi? Gak ada alasan Gak Bangga Indonesia kan?


No comments:

Post a Comment